Manfaat Tidur Sejenak Di Siang Hari

"Tidur sejenak di siang hari baik di pertengahan hari atau sebelum Zuhur atau sebelum Ashar-disunahkan sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw. Hal itu dimaksudkan di samping untuk membantu seseorang mengembalikan staminanya sehingga bersemangat dalam melaksanakan qiyamul lail (shalat malam)." (Muhammad bun Shaleh Ali Ishaq dalam Kaifa Tatahamasu Li Qiyam al-Lail)

Para Nabi, sahabat atau ulama/ kyai biasanya mentradisikn tidur sejenak dia siang hari agar malamnya bisa bangun untuk melaksanakan shalat tahajjud. Karena itu, Hasan al-Bashri, seorang sufi besar, ketika berjalan melewati sekum-pukan orang di pasar pada pertengahan hari dan melihat hiruk-pikuk pasar, dia berkata, "Apakah mereka tidur siang?" Orang-orang menjawab, "Tidak!" Lalu dia berkata, "Sesung-guhnya aku meligat malam mereka sebagai malam yang buruk." Maksudnya; karena tidak tidur siang, maka dipastikan mereka meninggalkan qiyamul lail di malam harinya.

Tidur sejenak di siang hari sangat dianjurkan, bukan saja oleh pakar kesehatan. Jauh-jauh hari, Nabi saw sudah menyuruh umatnya agar meluangkan waktu sebentar di siang hari untuk tidur. Hal ini dilakukannya agar pada malam harinya kita bisa bangun untuk menunaikan shalat malam (tahajjud).

Dari Anas ra. bahwsanya Nabi Muhammad saw bersabda, "Tidur sejenaklah kamu sekalian di siang hari, karena sesungguhnya setan tidak tidur siang sejenak" (HR. Abu Nu'aim dalam kitab Ath-Thib, Thabrani dalam Al Ausath, menurut Ibnu Hajar hadist ini dhaif, sedangkan menurut al-Albani dalam kitabnya As-Shahihah hadist ino hasan)

Hadist di atas menunjukan pada kita bahwa tidur siang hari begitu dianjurkan Nabi saw. Sebab, pada siang hari setan tidak tidur meskipun hanya sebentar. Ketika itulah, setan selalu menggoda kita. Karena itu, agar terhindar dari godaan setan, maka tidur siang hari adalah sangat baik.

Waktu tidur siang yang baik antara jam 13.00-16.00 (anatara waktu Zhuhur-Ashar). Biasanya, cuaca di antara waktuwaktu ini sangat panas. Orang juga malas untuk keluar, kerna taku terpanggang sinar matahari. Dan pada waktu ini juga orang biasanya sedang kondisi capek dan suntuk karena capek setelah pagi harinya bekerja. Pada saat inilah kita dianjurkan beristirahat, yaitu tidur sejenak di siang hari.

Sumber: Buku Hidayah Edisi 58

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar